...:::SDN 1 CIHAMPELAS MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN SATUAN PENDIDIKAN SD BERDASARKAN STANDAR NASIONAL DAN MAMPU MENGHASILKAN LULUSAN BERTARAF NASIONAL :::...

Situs ini merupakan sebuah wadah untuk para Pendidik, Murid,Alumni dari SD Negeri 1 Cihampelas, serta semua yang berpartisipasi didalamnya.
Sekolah Dasar ini terletak di Jalan Raya Cihampelas No 29 Kec.Cihampelas Kab. Bandung Barat Kode Pos-40562.
Mari kita manfaatkan Situs ini untuk tujuan positif agar bermanfaat bagi kita semua sehingga dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas pendidikan di negeri kita tercinta, Indonesia.




KELUARGA SDN 1 CIHAMPELAS

Jumat, 30 Maret 2012

TIM PENGEMBANG KURIKULUM KABUPATEN BANDUNG BARAT

TUGAS POKOK DAN FUNGSI 
TIM PENGEMBANG KURIKULUM SEKOLAH DASAR 
PADA DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KAB. BANDUNG BARAT


TPK adalah sub-ordinat dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung Barat. Berkedudukan pada Bidang Pendidikan dasar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Bandung Barat. TPK SD pada Disdikpora Kab. Bandung Barat berada pada rentang jaringan kurikulum mulai dari tingkat nasional/Pusat kurikulum, tingkat regional/TPK Prov. Jawa Barat, TPK Kab.Bandung Barat, TPK tingkat Kecamatan atau gugus sekolah, samapai keberadaan TPK tingkat satuan pendidikan 
TPK sekolah dasar  merupakan wadah pengembangan sistem pembinaan profesional bagi anggotanya untuk meningkatkan kompetensi profesional terkait dengan pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang diharapkan mampu menjadi pionir berbagai upaya peningkatan mutu pendidikan di kab. Bandung Barat

Kamis, 29 Maret 2012

SDN 1 CIHAMPELAS JUARA PASKIBRA SE BANDUNG RAYA



Puji syukur kehadirat Alloh SWT, SDN 1 Cihampelas angkatan ke V akhirnya bisa meraih Juara Paskibra Tingkat Se-Bandung Raya, yang diselenggarakan pada tanggal 25 Maret 2012 di SMAN Batujajar.
Akhirnya Anak-anak Paskibra angkatan ke-V membawa pulang dengan hasil yang memuaskan, juara ke 3 untuk lomba lkbb yang menyisihkan 22 peserta lainnya. Para siswa benar-benar bekerja keras berlatih apalagi setelah jam masuk sekolah di bagi 2 menjadi pagi dan siang yang mengakibatkan latihan anak menjadi terganggu dikarenakan perubahan  jam masuk sekolah, tetapi Alhamdulillah perubahan tersebut bisa teratasi oleh kerjasama dan pemahaman guru-guru dan pelatih paskibra di SDN 1 Cihampelas.

Peserta lomba merupakan gabungan dari kelas V A/B dan kelas VI A/B, selamat atas perjuangan kalian, akhirnya bias mengaharumkan nama SDN 1 Cihampelas. Terimakasih juga buat Kepala sekolah yang terum memberikan motivasi dan pelatih paskibra yang terus disiplin dan berkreasi.  

PERESMIAN GEDUNG KPRI CIHAMPELAS

Syukur Alhamdulillah Kemarin tanggal 29 Maret 2012 Koperasi Pegawai Negeri Indonesia (KPRI) Mandiri UPTD Pendidikan TK/SD dan PNF berkat kebersamaan para anggotanya berhasil membangun sebuah gedung yang permanen. Dan menjadi salah satu koperasi percontohan di Kabupaten Bandung Barat.
Sementara itu H.Asep Jajang,S.Pd.,M.MP,.  Selaku Ketua KPRI Sejahtera, saat memberikan laporannya pada acara tersebut mengatakan, perintisan pembangunan gedung KPRI itu sendiri sudah dimulai sejak diputuskannya melalui Rapat Anggota Tahunan (RAT) koperasi itu tahun lalu, berkat dukungan segenap pengurus dan seluruh anggota yang ada, akhirnya gedung tersebut bisa terwujud seperti ini. Menurutnya, gedung tersebut akan menjadi sebuah gedung serbaguna yang bisa dimanfaatkan untuk umum, disamping bisa digunakan sebagai sarana olah raga bulu tangkis dengan dua line, juga bisa dipergunakan untuk acara-acara pertemuan seperti seminar maupun hajat resepsi pernikahan dan hajatan-hajatan lainnya.
Koperasi simpan pinjam dan niaga berdiri 12 April 2005 ini dikategorikan koperasi sehat dengan perputaran uang Rp. 250 juta perbulan ", Menurut Bupati Bapak H. Abubakar, M.Si.
Koperasi ini harus menjadi percontohan dan bisa mewujudkan koperasi yang cermat sesuai dengan visi Kabupaten Bandung Barat Peresmian penggunaan gedung itu sendiri ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Bandung Barat disaksikan oleh Ka. Dinas Perdagangan, Camat Cihampelas beserta para anggota muspika, segenap anggota KPRI Mandiri serta para undangan lainnya.

LOMBA GUGUS TINGKAT KECAMATAN CIHAMPELAS



Syukur Alhamdulillah lomba gugus  tingkat kecamatan cihampelas yang berlangsung dari tanggal 9 s.d 14 Pebruari 2012 di tutup di gugus 3 cihampelas pada tanggal 14 Pebruari 2012. Ketua Gugus 3 Cihampelas sekaligus Kepala Sekolah SDN 1 Cihampelas Drs.H.Ahmad Saepudin, M.Pd, menjelaskan bahwa sekolah inti merupakan Kegiatan Guru (PKG), terdiri dari 9 SD meliputi SDN 2 Cihampelas, SDN 3 Cihampelas, SDN Awilarangan, SDN Tirtajaya, SDN Cisarongge, SDN Jembatan Baru, SDN Sukagalih, SDN Tirtajaya, dan SDS At-Taqwa.
Pada kesempatan itu tim juri dalam hal ini pengawas TK/SD dan PNF Kec. Cihampelas Bapak H. Alie Syahbana mengatakan bahwa gugus merupakan salah satu wadah pembinaan para guru dan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan profesionalitas guru. Dan seperti Bpk H.Asep Jajang, M.MP selaku tim penilai mengatakan bahwa pelaksanaan lomba gugus bukan untuk mencari kekurangan tetapi bagaimana kekurangan tersebut bisa diperbaiki untuk tahun berikutnya agar gugus bisa lebih berperan dalam meningkatkan profesionalitas tenaga pendidiknya.
Lomba gugus sekolah diharapkan dapat meningkatkan kemampuan professional para guru SD dalam usaha meningkatkan mutu proses belajar mengajar serta hasil belajar siswa dengan mendayagunakan segala sumber daya dan potensi yang dimiliki oleh sekolah dan masyarakat sekitar. Dan juga sebagai pembinaan di bidang manajerial Lomba Gugus merupakan salah satu upaya pembinaan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Hal tersebut dikatakan bapak kasi Kurikulum dan kesiswaan dinas pendidikan pemuda dan olahraga Kabupaten Bandung Barat.
Tim juri yang terdiri dari Pengawas TK/SD dan PNF Kecamatan juga dari Disdikpora Kabupaten, mereka melakukan penilaian langsung meliputi proses pembelajaran, manajemen sekolah, manajemen gugus, sarana prasarana dan partisipasi masyarakat, di SD Inti dan SD Imbas.

LOMBA CALISTUNG DAN OSN TINGKAT KECAMATAN CIHAMPELAS

Pelaksanaan lomba CALISTUNG & OSN Tingkat Kecamatan UPTD Pendidikan TK/SD dan PNF Kec.Cihampelas Kabupaten Bandung Barat dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 16 Pebruari 2012 bertempat di SDN 1 Cipatik.
Kegiatan Lomba CALISTUNG & OSN Tingkat Kecamatan ini dihadiri oleh Kepala UPTD, Para pengawas, Kepala Sekolah, Guru Pembimbing,  juga dihadiri Ibu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Bandung Barat Dra. AGUSTINA PIRYANTI,M.M, sekaligus membuka pelaksanaan lomba CALISTUNG & OSN Tingkat Kecamatan.
Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan tema “ MELALUI LOMBA CALISTUNG & OSN KITA TINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN CIHAMPELAS”.
Acara dimulai dari jam 8.00 wib pagi sampai jam 13.00 wib siang, sebelum lomba dimulai dilakukan upacara terlebih dahulu, baru kemudian peserta lomba memasuki ruang kelas masing-masing sesuai dengan no urut peserta lomba yang tertera di meja kelas dan sesuai dengan kartu peserta lombanya yang diberikan oleh panitia penyelenggara.
Peserta kegiatan ini diikuti oleh 135 siswa kelas 1, 2, dan 3 untuk lomba CALISTUNG dan 90 siswa kelas 5 untuk lomba OSN MIPA dari 45 Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kecamatan Cihampelas. Atau dalam hal ini seluruh SD dapat mengikuti kegiatan ini.
Semua guru pendamping dan orang tua yang hadir disediakan ruang tersendiri karena baik guru pendamping maupun orang tua tidak diperkenankan untuk berada disekitar ruang kelas lomba, apalagi untuk masuk ke dalam ruangannya. 
Dari informasi panitia lomba CALISTUNG & OSN Tingkat Kecamatan Cihampelas sistem pengawasan dan penilaian lomba CALISTUNG Diambil dari unsur guru kelas I, II, III dan V di Kecamatan Cihampelas yakni sebanyak 60 orang sudah termasuk kepanitiaan yang diambil dari masing-masing perwakilan setiap gugus.
Dengan adanya wakil kepanitiaan dari setiap gugus, peserta lomba dan guru pembimbing dapat melakukan tindakan evaluasi terhadap kesalahan atau kekurangan yang harus diperbaiki peserta lomba untuk meningkatkan kualitas pendidikan pada lomba CALISTUNG & OSN tahun berikutnya.

Senin, 05 Maret 2012

Menjadi Guru yang menyenangkan

Seorang guru tentunya ingin membangun iklim komunikasi yang baik dengan siswanya, agar para siswa mengerti apa yang disampaikan, dan membuat aktivitas belajar mengajar menjadi menyenangkan.
Bagaimana menciptakan suasana yang menyenangkan itu? Para guru, di antaranya, dituntut untuk cekatan merespons kebutuhan siswa, selalu siap untuk berdiskusi, dab menjadi pendengar yang baik atas persoalan belajar siswa.  Tetapi, untuk melaksanakan itu semua, yang tak kalah penting adalah memberikan “aturan main” yang jelas, dan berikan kesempatan bagi siswa untuk memberikan umpan balik.
Kedengarannya memang mudah. Bagaimana mempraktikkannya? Ada beberapa cara yang mungkin bisa membantu Anda untuk menciptakan komunikasi yang efektif antara pengajar dan anak didik:
1. Mulailah pada hari pertama sekolah
Pada setiap awal tahun ajaran, atau semester, carilah waktu yang tepat untuk membuat semua aturan, dan kesempatan bagi siswa untuk berkomunikasi tentang berbagai situasi, termasuk pada siswa yang ‘bermasalah’. Seorang guru harus memastikan bahwa siswa merasa didekati sejak hari pertama sekolah.
2. Jadilah proaktif
Seorang guru harus berjuang ke arah gaya mendidik yang proaktif. Selain ada keuntungan dari momen yang spontan, tapi dapat juga digunakan untuk berkomunikasi dengan siswa, misalnya mengatur jadwal berdiskusi di luar jam mengajar.
3. Menjadi pendengar yang aktif
Mendengarkan secara aktif menunjukkan bahwa guru benar-benar mencoba untuk memahami secara verbal dan nonverbal pesan yang disampaikan, merasakan perasaan, dan pikiran. Menjadikan siswa yakin dan merasa dihargai bahwa apa yang mereka sampaikan mendapatkan perhatian.
4. Pastikan Anda mengatakan, "Saya mendengar Anda"
Seorang guru harus memvalidasi apa yang dikatakan oleh semua siswanya. Namun, validasi tidak berarti bahwa guru setuju atau percaya dengan segala hal yang dikatakan siswa, tetapi lebih untuk mengakui sudut pandang para siswa. Validasi membantu siswa percaya bahwa guru mendengarkan dan menghormati pendapat mereka. Misalnya, sebuah komentar seperti, "Aku senang kamu bisa berbagi pemikiran. Saya tentu tidak langsung setuju dengan perspektif Anda, tapi saya ingin mendengar lebih banyak."
5. Lakukan seperti Anda ingin diperlakukan
Seorang guru tentu ingin dan mengharapkan orang lain memperlakukan kita dengan hormat, berkomunikasi dengan jelas, dan memberikan tanggapan yang sesuai. Sikap empati dan melibatkan diri berdiskusi dengan siswa akan mengurangi sikap defensif dan memungkinkan para siswa merasa nyaman.
6. Jangan menghakimi dan menuduh
Seorang guru tentu ingin siswanya mengerti apa yang diajarkan tanpa membenci guru atau mata pelajarannyanya. Untuk itu, seorang guru sebaiknya tidak menghakimi, dan menuduh, tetapi harus memberikan pesan yang mudah ditafsirkan. Itu akan meningkatkan probabilitas siswa mendengarkan apa yang guru katakan.
7. Berkomunikasi secara jelas dan singkat
Banyak guru berusaha untuk menyampaikan banyak informasi pada satu waktu, tetapi itu akan membuat  siswa kelebihan beban informasi, kewalahan, dan sulit mencerna. Maka itu, seorang guru selaiknya melakukan komunikasi yang rutin, singkat, dan terfokus dengan siswanya. Sebab, tidak semuanya harus diselesaikan dalam satu diskusi.
8. Menjadi model kejujuran dan martabat
Siswa sangat cerdik dalam memahami kejujuran guru. Seorang guru harus mengakui jika tidak mengetahui jawaban atas pertanyaan yang diajukan siswanya. Tetapi, guru harus berjanji untuk berupaya menemukan jawaban sebelum kelas berikutnya. Tidak jujur adalah kesalahan dalam mendidik.
9. Menerima pengulangan
Komunikasi adalah proses yang berkelanjutan. Siswa mungkin harus mendengarkan apa yang diajarkan berkali-kali sebelum mereka memahami dan masuk ke dalam pikirannya. 
10. Ciptakan humor
Humor adalah bahan penting dalam proses komunikasi. Humor dapat meringankan, dan menjadi fasilitas yang baik ketika seorang guru tengah mengajarkan sesuatu kepada muridnya.

Sumber : KOMPAS.COM dan uscta.wikidot.com

Guru MALAS, Tunjangan Profesi Dicabut

Direktur Profesi, Direktorat Jenderal Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Ditjen PMPTK), Ahmad Dasuki menerangkan, pihaknya akan mencabut tunjangan profesi guru bersertifikasi jika kinerjanya buruk. "Jika terbukti kinerja guru yang bersertifikasi menurun, maka dapat dipastikan tidak akan mendapatkan tunjangan profesi. Kami tidak akan mencabut sertifikatnya, hanya tunjangan profesinya yang dicabut," tegasnya, ketika ditemui di Gedung Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Jakarta, Senin (24/5).
Dengan adanya penerapan aturan ini, Dasuki mengatakan, berarti para guru yang bersertifikasi tidak boleh terlalu santai. Disebutkannya, penurunan kinerja sendiri antara lain bisa terlihat dari tingkat absensi atau mengajar yang kurang dari 40 jam per pekan. "Kami akan segera melakukan sosialisasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan & RB) pada Agustus hingga Desember 2010 mendatang," ujar Dasuki pula.
Dasuki mengatakan, peraturan ini sendiri akan diberlakukan mulai 1 Januari 2011. Sehubungan dengan itu, pihaknya mengharapkan agar masing-masing dinas mampu segera menyesuaikan 13 jabatan fungsional guru. Di antaranya mulai dari guru pertama, guru muda, guru madya, serta guru utama.
Lebih jauh, Dasuki menambahkan bahwa penyesuaian jabatan guru tersebut ditargetkan selesai pada 2013. Meski telah disertifikasi, lanjut Dasuki, guru yang tidak memenuhi syarat juga bisa saja tidak naik pangkat, dilarang mengajar, hingga di-pensiun dini-kan.
"Kemdiknas akan melakukan treatment bagi para guru yang mengalami penurunan kinerja. Jika tetap tidak ada perubahan, maka yang bersangkutan tinggal memilih untuk dipindahkan dan dilarang mengajar, karena bisa mengganggu, atau sebaiknya pensiun dini," tandasnya.

Sumber :JPNN

INFO TERBARU

AYO DAFTARKAN SEGERA : PENERIMAAN SISWA BARU SDN 1 CIHAMPELAS TAHUN PELAJARAN 2010/2011 DIMULAI PADA BULAN JUNI 2010....... TERIMAKASIH ATAS KEPERCAYAANNYA......

Guru dan Tenaga Pendidik

Foto-foto Kegiatan

PP IPTEK & TEATR IMAK 4 D